Minggu, 26 Februari 2023

 MENGHITUNG LUAS DAN 

PERMUKAAN TABUNG

Jika program dipecah menjadi beberapa subprogram, setiap subprogram harus diberi identitas berupa nama. dibutuhkan, bagian program utama akan memanggil subprogram tersebut menggunakan namanya sehingga jika bagian subprogram tersebut dapat dijalankan.

Pada pemrograman menggunakan pemrograman visual seperti Scratch, dengan kode-kode program terdiri atas kumpulan blok perintah, subprogram akan terdiri atas kumpulan blok perintah yang terpisah dari blok perintah utama. Salah satu cara agar bagian utama dan subprogram dapat berkomunikasi adalah dengan metode pengiriman pesan. Jika diperlukan bagian utama program akan mengirimkan pesan ke subprogram. Jika menerima pesan tersebut, subprogram tersebut akan dijalankan sesuai pesan yang diterimanya.

Blok perintah di Scratch umumnya digunakan untuk mengontrol sprite, dengan setiap sprite tidak terikat satu dengan yang lain, dan sprite dapat dijalankan bersama-sama, maka beberapa kumpulan blok perintah juga dapat dijalankan bersama-sama. Dengan kata lain, program utama dapat mengirimkan pesan kepada banyak subprogram dan semua subprogram yang menerima pesan tersebut akan dijalankan bersama-sama. Hal ini memberikan kemudahan kepada programmer. Ketika membuat suatu program game dengan banyak sprite yang berinteraksi bersama-sama, sprite tersebut dapat dijalankan secara bersamaan. Sebagai contoh, kamu ingin membuat suatu program untuk menghitung volume dan luas permukaan tabung menggunakan parameter jari-jari alas (r) dan tinggi tabung (t). Proses penghitungan akan dilakukan pada subprogram sendiri yang dipisahkan dari bagian program utama. Untuk menghubungkan program utama dan subprogram akan digunakan mekanisme pengiriman pesan.







Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © NrymaHigh - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -